27
JUL
2015

CARA MENGATASI MALU DAN MINDER

Posted By :
Comments : 0

1Semua manusia didunia ini memiliki kemampuan atau tingkat percaya diri yang berbeda-beda, ada orang yang sangat percaya diri, ada yang percaya diri dengan biasa saja, dan ada juga orang yang tidak memiliki rasa percaya diri sama sekali alias minder.

Ada minder yang masih masuk kategori wajar, tapi ada juga minder yang bisa dibilang berlebihan. Masih termasuk wajar jika kita punya perasaan minder saat memasuki satu lingkungan baru dan kita merasa tidak bisa bergaul dengan orang-orang, merasa tidak setara, tapi pelan-pelan membuka diri untuk bisa bergabung dengan mereka, apalagi jika Anda mendapat sambutan hangat dari lingkungan baru tersebut.

Tetapi minder akan menjadi berlebihan jika Anda malah memutuskan untuk menarik diri dan tetap menyendiri walaupun lingkungan Anda menyambut hangat. Mungkin karena Anda tetap merasa tak mampu untuk bergaul dengan mereka, tetap merasa tidak percaya diri dengan kemampuan Anda, bahkan merasa tidak layak untuk berada di situ.

Tingkat atau kemampuan seseorang untuk percaya diri itu mempengaruhi segala aktivitas yang akan dilakukannya, baik itu saat bersekolah, bekerja, maupun hanya sekedar berkumpul dengan teman.

Selain orang gila dan orang mabok, setiap orang waras pasti memiliki rasa minder, hanya saja konteks dan kadarnya berbeda-beda. Minder, gugup, takut atau tidak percaya diri adalah perasaan alami manusia yang diberikan Tuhan agar kita tidak terlalu kelewat percaya diri dan akhirnya sombong.

Selama kita melakukan hal yang benar dan halal, sebenarnya tidak ada alasan bagi kita untuk merasa minder. Kalaupun kita belum mampu melakukan sesuatu, sebagai manusia kita bisa belajar dulu. Masalahnya, beberapa orang ternyata meletakkan rasa minder pada tempat yang salah, sehingga kehidupan dan kesuksesannya terhambat oleh rasa minder itu.

Banyak orang yang merasa tidak memiliki rasa percaya diri dengan baik saat beraktivitas, Jika Anda merasa seperti itu, maka Anda harus mencari cara untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda. Percaya diri sendiri merupakan suatu bentuk keyakinan yang ada didalam jiwa mereka atas segala kemampuan yang dimilikinya, baik berupa ucapan maupun perbuatan.

Setiap manusia yang lahir di dunia hanya membawa dua rasa takut alami, yaitu takut pada ketinggian dan suara keras. Jika Anda sekarang punya rasa takut, malu, grogi, atau minder selain kedua rasa takut tersebut, maka dipastikan rasa takut yang Anda miliki bukan karena secara genetis Anda punya sifat itu. Rasa minder yang Anda alami sekarang adalah pengaruh dari lingkungan Anda.

Dari hasil wawancara kami kepada klien yang mengalami masalah kepercayaan diri, dapat kami rangkum beberapa penyebab minder diantaranya:

Pengaruh lingkungan. Seorang bisa menjadi minder apabila selalu dilarang, disalahkan, tidak dipercaya, diremehkan oleh lingkungannya. Sering diremehkan dan dikucilkan oleh teman sejawat.

Pola asuh orang tua yang sering melarang dan membatasi kegiatan anak. Orang tua yang selalu memarahi kesalahan anak, tapi tidak pernah memberi penghargaan apabila anak melakukan hal yang positif. Kurang kasih sayang, penghargaan, atau pujian dari keluarga. Tertular sifat orang tua atau keluarga yang minder.

Trauma kegagalan di masa lalu. Trauma dipermalukan atau dihina di depan umum. Merasa diri tidak berharga lagi karena pernah dilecehkan secara seksual. Merasa bentuk fisik tidak sempurna. Padahal, berapa banyak tokoh besar yang tetap percaya diri meskipun secara fisik kurang menarik?

Merasa berpendidikan rendah. Padahal tidak dibutuhkan pendidikan tinggi untuk menjadi berhasil. Banyak pengusaha yang kaya raya meskipun tidak pernah kuliah dan sekolahnya awut-awutan.

Ciri ciri atau gejala  seorang yang “Minder” Biasanya pola perilaku seperti berikut ini ;

Merasa diri rendah, bodoh, tidak mampu, tidak pantas, dan lain sebaagainya. Kesulitan dalam bergaul, susah mendapatkan teman baru. Merasa kurang nyaman jika ada seseorang yang mendekatinya.

Tidak berani memulai percakapan atau perkenalan dengan orang lain. Malu mengungkapkan ide atau pendapatnya kepada orang lain. Demam panggung, takut berbicara di depan umum (public speaking phobia).

Ketika masuk dalam lingkungan baru, dia cemas dan takut kalau orang-orang di lingkungan baru tersebut menolak atau tidak menyukainya. Suka menyendiri karena merasa tidak ada yang mau berteman.

Tegang atau grogi ketika berhadapan dengan orang lain yang baru dikenal sehingga tingkah lakunya terlihat kaku. Merasa bahwa orang lain selalu memperhatikan kelemahannya. Menganggap orang lain lebih hebat daripada dirinya. Membandingkan kelemahan dirinya dengan kelemahan orang lain.

Sensitif terhadap perkataan orang lain, meskipun hanya bercanda. Fokus pada kelemahan diri. Orang minder selalu punya seribu alasan untuk menyalahkan atau meremehkan dirinya sendiri. Sering menolak apabila diajak ke tempat-tempat yang banyak orang.

Tidak berani menerima tanggung jawab yang besar karena takut gagal. Kecewa pada diri sendiri karena tidak percaya diri, dan marah kepada orang lain yang tidak memperhatikan atau menghargainya.

Sering murung, mudah merasa sedih, dan lelah. Kurang semangat dalam menjalani aktivitas dan mudah menyerah. Sering melamun, dan mungkin masih banyak lagi.

Minder yang berlebihan bisa diatasi asalkan Anda mau berubah dan siap menjalani proses perubahannya. Adapun cara sederhananya adalah mengubah sudut pandang Anda terhadap hal-hal yang selama ini membuat Anda paranoid.

Cobalah renungkan, jika selama ini Anda takut untuk bertemu orang, apakah orang-orang tersebut membahayakan keselamatan Anda? Apakah ada bukti mereka pernah mengancam jiwa Anda? Adakah kasus dimana ada orang yang mati mendadak hanya karena bertemu orang lain?

Ketika Anda pernah kehabisan topik pembicaraan, apakah lawan bicara Anda langsung meremehkan Anda? Apakah ada bukti valid yang menyatakan bahwa Anda akan minder terus selamanya?

Terakhir cobalah renungkan, bagaimana jika Anda bisa berubah menjadi orang yang lebih baik, lebih percaya diri dan lebih sukses? Lebih enak bukan?

Kalau kita ingin berubah maka fokuslah pada perubahan diri. Saat ini tersedia banyak pelatihan pengembangan diri bahkan terapi percaya diri yang bisa membantu Anda berubah menjadi lebih baik.

Nah, apabila Anda sudah mencoba berbagai cara untuk menjadi orang yang percaya diri dan mudah bergaul, namun semua usaha itu tidak membuahkan hasil yang nyata, maka sekaranglah saatnya Anda mencari bantuan dari orang lain.

Butuh terapi untuk mengatasi rasa percaya diri ?

Kunjungi klinik hipnoterapi kami :

Tlp / fax : 021-88374922 atau
HP : 0813-1140-8955 (Telkomsel)
0857-7251-4355 (Indosat)
0859-7311-3355 (XL)

PIN 294F204D (BBM)
PIN 578BF035 / 7A079079 (Android)
0813-1140-8955 (WhatsApp)

About the Author

Leave a Reply

*